Jumat, 22 Juni 2012

Contoh Bahan Ajar Yang Tidak Sesuai Dengan Tujuan Pendidikan Nasional

Kata Pengantar

Rasa syukur yang dalam Saya sampaikan ke hadiran Allah SWT Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat Saya selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini Saya membahas “Contoh Bahan Ajar Yang Tidak Sesuai Dengan Tujuan Pendidikan Nasional”,

Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman tentang Bahan ajar yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah “Perkembangan Kurikulum

Dalam proses pendalaman materi ini, tentunya saya mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya saya sampaikan :

  • Bapak D. Sukandar Yusuf, S.Pd.I, M.Si. selaku dosen mata kuliah “Perkembangan Kurikulum
  • Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.

Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,


Pendahuluan

Keberhasilan seorang guru dalam mengajarkan kepada anak didiknya bukan hanya sebatas siswa mampu mendapatkan nilai yang bagus pada saat guru melakukan evaluasi terhadap anak didiknya, akan tetapi keberhasilan yang sebenarnya yaitu bagaimanasiswa dapat memahami apa yang diajarkan oleh guru tersebut dan seperti apa sisa / peserta didik tersebut menerapkan apa yang diajarkan guru tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.Seorang pendidik Juga mesti tau tujuan dari bahan ajar itu sendiri dimana seorang pendidik di dalam menentukan bahan ajarnya harus secermat mungkin jangan sampai bahan ajar tersebut memberikan sisi negatif kepada anak didik kita.

Bahan ajar yang ideal adalah bahan ajar yang sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional yang berbunyi "UU No2 Tahun 1985 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan berbangsa". ketika bahan yang disampaikan pendidik tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pendidikan nasional sudah pasti itu akan memberikan dampak negatif kepada anak didik kita, yang tadinya kita berharap anak didik kita menjadi anak yang soleh justru sebaliknya. akhir-akhir ini sering terjadi seorang guru yang mengajarkan kepada anak didiknya kekerasan, memang pada hakekatnya guru tersebut cuma ingin memberikan suatu pelajaran bahwa perbuatan ini tidak boleh dilakukan, namun kadangkala pendidik tersebut kurang mantap di dalam menjelaskan materi tersebut sehingga anak tersebut menjadi salah pemahaman terahadap bahan ajar / materi yang di sampaikan tersebut.


Materi Ajar

Sejarah Manusia Purba di Indonesia

A. Bahan Materi Ajar

Eugena Dobois Dia adalah yang pertama kali tertarik meneliti manusia purba di Indonesia setelah mendapat kiriman sebuah tengkorak dari B.D Von Reitschoten yang menemukan tengkorak di Wajak, Tulung Agung.

Fosil itu dinamai Homo Wajakensis, termasuk dalam jenis Homo Sapien (manusia yang sudah berpikir maju), Fosil lain yang ditemukan adalah : Pithecanthropus Erectus (phitecos = kera, Antropus Manusia, Erectus berjalan tegak) ditemukan di daerah Trinil, pinggir Bengawan Solo, dekat Ngawi, tahun 1891. Penemuan ini sangat menggemparkan dunia ilmu pengetahuan.

· Pithecanthropus Majokertensis, ditemukan di daerah Mojokerto

· Pithecanthropus Soloensis, ditemukan di daerah Solo

1. Sangiran
2 . Sambungmacan
3 . Sonde
4 . Trinil
5 . Ngandong
7 . Kedung Brubus
8 . Kalibeng
9 . Kabuh

10 . Pucangan
11 . Mojokerto (Jetis-Perning)

G.H.R Von Koeningswald Hasil penemuannya adalah : Fosil tengkorak di Ngandong, Blora. Tahun 1936, ditemukan tengkorak anak di Perning, Mojokerto. Tahun 1937 – 1941 ditemukan tengkorak tulang dan rahang Homo Erectus dan Meganthropus Paleojavanicus di Sangiran, Solo. Penemuan lain tentang manusia Purba : Ditemukan tengkorak, rahang, tulang pinggul dan tulang paha manusia Meganthropus, Homo Erectus dan Homo Sapien di lokasi Sangiran, Sambung Macan (Sragen),Trinil, Ngandong dan Patiayam (kudus).
4. Penelitian tentang manusia Purba oleh bangsa Indonesia dimulai pada tahun 1952 yang dipimpin oleh Prof. DR. T. Jacob dari UGM, di daerah Sangiran dan sepanjang aliran Bengawan Solo.


Fosil Manusia Purba yang ditemukan di Asia, Eropa, dan Australia adalah :

· Semuanya jenis Homo yang sudah maju : Serawak (Malaysia Timur), Tabon (Filipina), dan Cina.

· Fosil yang ditemukan di Cina oleh Dr. Davidson Black, dinamai Sinanthropus Pekinensis.

· Fosil yang ditemukan di Neanderthal, dekat Duseldorf, Jerman yang dinamai Homo Neaderthalensis.

· Menurut Dubois, bangsa asli Australia termasuk Homo Wajakensis, sehingga ia berkesimpulan Homo Wajakensis termasuk golongan bangsa Australoid.
Jenis-jenis Manusia Purba yang ditemukan di Indonesia ada tiga jenis :
1. Meganthropus
2. Pithecanthropus
3. Homo

A. Jenis manusia Purba Pithecanthropus
Ciri-ciri manusia purba yang ditemukan di Indonesia :
Ciri Meganthropus :

· Hidup antara 2 s/d 1 juta tahun yang lalu

· Badannya tegak

· Hidup mengumpulkan makanan

· Makanannya tumbuhan

· Rahangnya kuat

B. Ciri Pithecanthropus :

· Hidup antara 2 s/d 1 juta tahun yang lalu

· Hidup berkelompok

· Hidungnya lebar dengan tulang pipi yang kuat dan menonjol

· Mengumpulkan makanan dan berburu

· Makanannya daging dan tumbuhan

· Ciri jenis Homo :

· Hidup antara 25.000 s/d 40.000 tahun yang lalu

· Muka dan hidung lebar

· Dahi masih menonjol

· Tarap kehidupannya lebih maju dibanding manusia sebelumnya

CORAK KEHIDUPAN PRASEJARAH INDONESIA DAN HASIL BUDAYANYA

Hasil kebudayaan manusia prasejarah untuk mempertahankan dan memperbaiki pola hidupnya menghasilkan dua bentuk budaya yaitu :

· Bentuk budaya yang bersifat Spiritual Bentuk budaya yang bersifat Material
i. Masyarakat Prasejarah mempunyai kepercayaan pada kekuatan gaib yaitu :

· Dinamisme, yaitu kepercayaan terhadap benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib. Misalnya : batu, keris

· Animisme, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang mereka yang bersemayam dalam batu-batu besar, gunung, pohon besar. Roh tersebut dinamakan Hyang.
ii. Pola kehidupan manusia prasejarah adalah :

· Bersifat Nomaden (hidup berpindah-pindah), yaitu pola kehidupannya belum menetap dan berkelompok di suatu tempat serta, mata pencahariannya berburu dan masih mengumpulkan makanan

· Bersifat Sedenter (menetap), yaitu pola kehidupannya sudah terorganisir dan berkelompok serta menetap di suatu tempat, mata pencahariannya bercocok tanam. Muali mengenal norma adat, yang bersumber pada kebiasaan-kebiasaan
iii. Sistem bercocok tanam/pertanian

· Mereka mulai menggunakan pacul dan bajak sebagai alat bercocok tanam

· Menggunakan hewan sapi dan kerbau untuk membajak sawah

· Sistem huma untuk menanam padi

· Belum dikenal sistem pemupukan iv. Pelayaran

· Dalam pelayaran manusia prasejarah sudah mengenal arah mata angin dan mengetahui posisi bintang sebagai penentu arah (kompas) v. Bahasa

· Menurut hasil penelitian Prof. Dr. H. Kern, bahasa yang digunakan termasuk rumpun bahasa Austronesia yaitu : bahasa Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia.

· Terjadinya perbedaan bahasa antar daerah karena pengaruh faktor geografis dan perkembangan bahasa.

jenis fosil manusia purba Indonesia:

01. Meganthropus Paleojavanicus (Sangiran).
02. Pithecanthropus Robustus (Trinil).
03. Pithecanthropus Erectus (Homo Erectus) (Trinil).
04. Pithecanthropus Dubius (Jetis).
05. Pithecanthropus Mojokertensis (Perning).
06. Homo Javanensis (Sambung Macan).
07. Homo Soloensis (Ngandong).
08. Homo Sapiens Archaic.
09. Homo Sapiens Neandertahlman Asia.
10. Homo Sapiens Wajakensis (Tulungagung)
11. Homo Modernman.

B. Kenapa Bahan Ajar ini Tidak Sesuai Dengan Tujuan Pendidikan Nasional ?

Sebelum penulis membahas kenapa bahan ajar di atas tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa tujuan pendidikan nasional itu : UUD 1945 (versi Amendemen), Pasal 31, ayat 3 menyebutkan, "Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang." Pasal 31, ayat 5 menyebutkan, "Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia."

Jadi pada intinya tujuan pendidikan nasional yaitu untuk “meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”. Apa hubungannya dengan bahan ajar di atas!! Coba pembaca perhatikan kata yang sudah penulis berikan hurup tebal pada tujuan pendidikan nasional. Sudah jelas kan bahwa pada dasarnya tujuan pendidikan nasional di Indonesia yaitu untuk meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT, akan tetapi pada bahan ajar yang sudah di paparkan pada makalah ini sungghuh konsepnya sangat bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh Al-Quran dan As-sunah dimana Dijelaskan dalam Al-Quran :

“Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al Baqarah, 2: 30)

Sudah Jelas dalam ayat tadi dijelaskan bahwa manusia atau nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptkana oleh Allah SWT untuk dijadikan khalifah di muka bumi ini! Dan ayat tersebut menjelaskan bahwa nabi Adam As langsung diciptakan oleh allah dalam wujud manusia bukan kera! Untuk itu sudah jelas bahan ajar ini menurut penulis tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional karena dikhawatirkan akan menimbulkan keraguan kepada peserta didik dalam meyakini Al-Quran dan Assunah. Saya juga menemukan bukti banyak sekali pemalsuan di dalam mengungkap manusia purba ini seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini :

Kisahnya pada tahun 1912 seorang ahli palaentologi amatir bernama Charles Dawson mengklaim bahwa dia telah menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris.

Tulang itu mirip tulang rahang hewan namun gigi dan tengkoraknya seperti milik manusia. Spesimen ini dinamakan Manusia Piltdown dan diduga berumur 500.000 tahun.
Rekonstruksi terhadap manusia Piltdown dilakukan dan setelah dipajang di berbagai mueium sebagai bukti nyata evolusi manusia. Selama lebih dari 40 tahun sejumlah penafsiran dan gambar dibuat. Banyak artikel ilmiyah tentang manusia piltdown ini, termasuk 500 tesis doktor tentangnya
. Namun pada tahun 1953, hasil pengujian secara menyeluruh terhadap fosil tersebut menunjukkan kepalsuannya. Tengkorak tersebut berasal dari manusia yang hidup beberapa ribu tahun yang lalu, sedangkan tulang rahangnya berasal dari bangkai kera yang baru terkubur beberapa tahun. Gigi-giginya ditambahkan kemudian agar terlihat mirip manusia lalu persendiannya disumpal. Setelah itu seluruh fosil diwarnai dengan potasium dokromat agar tampak kuno.

Itu hanya sebagian kecil penyimpangan yang dilakuakan oleh ilmuan-ilmuan materialis ( Penganut Paham Darwinisme ) Kalau kita menyodorkan ayat Allah SWT di dalam Al-Quran Al-Karim dan hadits Rasulullah SAW tentang manusia pertama, besar kemungkinan para hamba sahaya teori evolusi akan menentangnya. Mereka akan mencari alibi dan dalih untuk membuat penafsiran ‘lain’ alias menentang kebenaran yang ada di dalamnya.

Berapa banyak dari umat Islam yang masih saja percaya bahwa ada manusia sebelum nabi Adam. Fanatisme buta kepada teori evolusi telah membuat mereka menentang apa yang telah Allah SWT sampaikan dalam kitab suci.

Jadi jawaban yang benar adalah bahwa manusia purba tidak pernah ada, sebab teori evolusi juga tidak pernah terbukti. Ada sejuta kejanggalan yang memaksa teori evolusi termasuk teori manusia purba harus dihapus dari kurikulum pendidikan sekolah.

Adam alaihissalam adalah makhluk cerdas pertama di muka bumi. Dengan kedatangan beliau, maka untuk pertama kalinya bumi didatangi oleh makhluk cerdas dari luar angkasa (alien). Kecerdasan manusia sungguh merupakan loncatan besar dalam sejarah bumi, yang sebelumnya hanya dihuni oleh makhluk-makhluk kelas bawah berupa hewan dan tumbuhan. Tidak pernah ada makhluk asli bumi yang mengalami proses evolusi, kecuali hanya ada di film-film Holywood saja.

Kesimpulan

Pada intinya tujuan pendidikan nasional yaitu untuk “meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”. Apa hubungannya dengan bahan ajar di atas!! Coba pembaca perhatikan kata yang sudah penulis berikan hurup tebal pada tujuan pendidikan nasional. Sudah jelas kan bahwa pada dasarnya tujuan pendidikan nasional di Indonesia yaitu untuk meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT Untuk itu diharapkan pendidik lebih bisa lebih berhati-hati di dalam memilih bahan ajar yang akan kita sampaikan ke anak didik kita, jangan sampai materi yang kita ajarkan dapat menyebabkan pengaruh negatif kepada anak didik kita.

Carilah bahan ajar terutama yang tidak bertentangan dengan Aqidah ( Keyakinan ) jangan sampai bahan ajar yang kita pakai bertentangan dengan apa yang di ajarkan dalam Al-Quran dan Assunah yang dampak negatifnya bisa saja membuat anak didik kita menjadi lemah atau bahkan rusak Aqidahnya.. Nau’Dzubillah!!

Referensi

http://brothers-scooter.blogspot.com/2011/05/manusia-purba-dan-nabi-adam.html http://firdauzzhein.wordpress.com/2012/04/12/adam-bukan-manusia-pertama-sebuah-kesalahan-evolusi/

http://sdnsukamerang2.blogspot.com/2011/08/manusia-purba-di-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar

If U have Site U Can Earn
Top pay per click payments. Make money from your website.
dollarsincome.com
Make Money Online
$0.00 Start. Start in 5 mins. $3K per week. Make money from your website.
dollarsincome.com
U Have Website We have Cash
If you have website put our banner on it, make money for each visitor
dollarsincome.com
Make Money when you Sleep
$0 invest - earn $80.00 daily.Online income system that works.
dollarsincome.com
Buy Facebook Fans, Free Fan Exchange, Earn Money Online

Site Search