Pihak yang terlibat
menentukan KKM:
- Guru kelas/mata pelajaran
- Kepala sekolah
- Siswa
- Orangtua siswa
- Komite sekolah
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah dengan
mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas
kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah,
sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan
diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk
mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Hal-hal yang harus
diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai berikut:
1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata
pelajaran setiap kelas!
2.
Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan
masing-masing aspek:
a.
Aspek Kompleksitas:
Semakin komplek (sukar) KD maka
nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.
b.
Aspek Sumber Daya Pendukung (pendidik dan sarana)
Semakin tinggi sumber daya
pendukung maka nilainya semakin tinggi.
c.
Aspek intake
Semakin tinggi kemampuan
awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi
3 untuk menentukan KKM setiap KD!
4.
Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan
KKM mata pelajaran!
5.
KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada
kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.
0 komentar:
Posting Komentar